Mengenal Ayam Mutiara Guinea Fowl Asal Afrika

Mengenal Ayam Mutiara Guinea Fowl Asal Afrika

Mengenal Ayam Mutiara Guinea Fowl Asal Afrika - Mengenali jenis ayam Mutiara yang sejak dulu kala sampai kini masih sangat populer pada beberapa daerah dan terkenal sebagai ayam hias unik.

Namun ternyata jenis ayam yang satu ini tidak hanya di kategorikan sebagai ayam hias. Ini dikarenakan ada sebagian peneliti yang memasukan ayam mutiara kedalam kategori keluarga burung (aves) salah satu satwa yang paling dilindungi.

Ayam mutiara habitat aslinya ada di daratan Afrika yang memang biasanya hidup secara berkelompok di sabana dan juga semak-semak. Meski dimasukan kedalam kategori keluarga burung ternyata jenis ayam mutiara tidak menyukai terbang tinggi, lebih suka mencari makanan di sabana.

[caption id="attachment_3422" align="aligncenter" width="600"]Mengenal Ayam Mutiara Guinea Fowl Asal Afrika Mengenal Ayam Mutiara Guinea Fowl Asal Afrika[/caption]

Jenis ayam mutiara saat ini sudah sangat banyak sekali. Pada awalnya jenis ayam yang satu ini memang hanya ada beberapa warna seperti pearl (abu-abu), Royal Purpel, violet, Coklat, Lavender, dan beberapa warna lainnya.

Mengenal Ayam Mutiara Guinea Fowl Asal Afrika

Ketika dikembangbiakan jenis ayam yang satu ini memang bisa dikatakan sangat banyak sekali yang mengkawinsilangkannya dengan jenis ayam yang lainnya. Sehingga saat ini jenis ayam mutiara sudah banyak sekali keturunan campurannya.

Cara Pemeliharaannya pun sangat mudah. Dalam membudidayakannya model tempat untuk ayam mutiara bisa dibuat seperti pada alam aslinya. Model kandang seperti kandang ayam pada umumnya namun harus lebih besar dan atap cukup tinggi.

Namun ada baiknya memang pada siang hari dilepas di lahan yang terbatas yang ada pasir dan juga rumput. Kandang dari ayam mutiara harus cukup terkena sinar matahari agar tetap terjaga bulu-bulunya tetap indah dan tidak lembab.

Ketika di malam hari, ayam mutiara memang dikenal sangat suka sekali tidur di tempat yang tinggi, maka dari itu sangat baik jika memang di beri kandang yang bertengger.

Mengenal Ayam Mutiara Guinea Fowl Asal Afrika

Ketika ayam mutiara sudah tidur bertenger sudah bisa dipastikan akan menjadi ayam yang lebih sehat lagi dan tahan terhadap penyakit. Untuk pemberian pakan jenis ayam mutiara memang bisa di bilang tergolong sangat mudah. Cukup memberikannya kangkung dan juga bayam yang sudah di cincang.

Pada saat ayam mutiara anda pelihara, anda akan mendapatkan banyak sekali keuntungan karena bisa di jadikan penjaga rumah.

Ayam mutiara ketika bertemu orang yang tidak dikenal atau orang baru di lihat ayam ini biasanya akan berteriak sangat keras. Itulah sebab anda akan mendapatkan banyak keuntungan.

Keuntungan lainnya adalah anda akan mendapat telur dengan mudah dari jenis ayam ini karena produksi telurnya sangat cepat sekali dan cocok untuk di kembangbiakkan karena sangat tahan terhadap penyakit.

Comments

Popular posts from this blog

Jenis Ayam Aduan Bangkok Terbaik di Dunia

Cara Tepat Melatih Renang Untuk Ayam Aduan Bangkok

Tips Mengetahui Ciri-ciri Ayam Aduan Bantat di Arena Laga