Mengenal Ayam Tolaki Asal Sulawesi Tenggara

Mengenal Ayam Tolaki Asal Sulawesi Tenggara


Mengenal Ayam Tolaki Asal Sulawesi Tenggara - Indonesia sendiri juga memiliki banyak jenis hewan ayam pertarung yang memiliki potensi untuk mengalahkan ayam-ayam aduan yang terkenal didunia seperti Ayam Bangkok dari Thailand, Ayam Birma dari Myanmar atau Ayam Saigon dari Vietnam, yang diantara lainnya adalah Ayam Tolaki.

Ayam Tolaki merupakan salah satu ayam khas indonesia yang awal mulanya berasal dari daerah Konawe yang dipelihara oleh suku Konawe di Sulawesi Tenggara. Persebarannya meliputi seluruh wilayah Sulawesi Tenggara. Jenis Ayam ini bagi masyarakat dimanfaatkan daging dan telur. Selain itu juga dijadikan sebagai persembahan dalam upacara adat. Namun, ayam tolaki juga kerap dijadikan sebagai ayam aduan.

Tolaki sendiri memiliki temperamen yang cenderung liar dan gesit. Apabila didekati atau ditangkap cepat menghindar dan sulit ditangkap. Bentuk Ayam Tolaki termasuk ayam berbadan atletis, Karena pola warna bulunya mirip ayam hutan merah (Gallus-gallus), ada juga yang menyebutnya ayam hutan atau ayam buras hutan.

Mengenal Ciri Khas Ayam Tolaki

Bentuk sayapnya menempel rapat di sisi badannya. Kepala dari ayam tolaki ini juga kecil dan bulat dengan bentuk paruh yang pendek namun kuat dan melengkung pada ujungnya. Dan pada bagian wajah ayam ini juga ditumbuhi oleh beberapa bulu-bulu kecil seperti brewok pada manusia.

Ciri-ciri pada ayam tolaki :

•Tubuh terlihat langsing, tegak, gesit bahkan bisa dikatakan liar juga.
•Warna bulu terdiri dari putih, kuning keemasan, coklat, dan hitam.
•Jengger dan pial kecil dan berwarna merah.
•Paruh dan Kaki berwarna kekuningan.
•Ekor panjang dan melengkung.
•Menghasilkan telur berkisar 14-20 butir per periode.
•Bobot dewasa baik jantan dan betina berikisar 1,2 sampai 2 Kg.

Comments

Popular posts from this blog

Jenis Ayam Aduan Bangkok Terbaik di Dunia

Cara Tepat Melatih Renang Untuk Ayam Aduan Bangkok

Tips Mengetahui Ciri-ciri Ayam Aduan Bantat di Arena Laga