Cara Tepat Basmi Tungau Atau Kutu Pada Tubuh Ayam Aduan

Cara Tepat Basmi Tungau Atau Kutu Pada Tubuh Ayam Aduan


Cara Tepat Basmi Tungau Atau Kutu Pada Tubuh Ayam Aduan - Tungau adalah sejenis hama yang sangat kecil. Besarnya sama dengan butiran debu halus dan warnanya beragam, yaitu putih, kelabu, cokelat, dan merah. Hama ini berkembang biak dengan cepat dalam waktu singkat, sehingga mudah menyebar ke mana-mana. Selain berpindah secara langsung, tungau bisa berpindah karena terbawa angin. Jika kebersihan kandang kurang terjaga, populasinya bahkan akan semakin bertambah.

Tungau dan kutu ini bisa menjadi musuh utama pada ayam, lantaran hidupnya memang pada bagian-bagian tertentu dari kandang. Kotoran ayam dan sisa-sisa makanan yang menumpuk merupakan tempat yang difavoritkan. Selanjutnya hama ini akan merembet dan berpindah sebagian ke tubuh ayam.

Gejala yang ditimbulkan tungau atau kutu pada ayam aduan

Akibat yang ditimbulkan oleh tungau ini adalah rusaknya organ luar, khususnya bulu dan kulit ayam. Helaian bulunya rontok dan tangkai bulunya lapuk, bahkan hancur. Bila tidak diatasi, tubuh ayam akan menjadi gundul. Sengatan tungau pada kulit ayam terasa sangat gatal sehingga bisa menimbulkan luka. Cara penularannya juga dikarenakan kontak langsung dengan antara ayam yang sedang mengidap tungau atau kutu dengan yang tidak mengidap. Adanya angin yang membawa terbang tungau atau kutu pada ayam yang sedang mengeram ke kandang ayam lainnya.

Cara Tepat Basmi Tungau Atau Kutu Pada Tubuh Ayam Aduan

Sebelum tungau atau kutu muncul dan berkembang biak, jagalah kebersihan kandang. Setiap kali terdapat kotoran ayam dan sisa makanan yang berserakan, segera dibersihkan. Untuk pengobatan, semprot ayam dengan larutan Sevin 0,15 % atau fumigasi kandang dengan insektisida seperti Nicotine Sulfat dan Black Leaf 40.

Tetapi bagi anda yang kurang mengerti dengan pengobatan yang dijual, bagi anda pecinta ayam juga bisa membuat ramuan untuk membasmi tungau atau kutu tersebut. Tanpa harus mengeluarkan duit yang banyak, disini akan mengulas beberapa cara alami untuk pembuatan ramuan tersebut, antara lain :

Bahan-bahan yang perlu disediakan :

-Jeruk empat buah
-Kayu Manis dua batang
-Vanili dua biji
-Cuka putih
-Toples kosong untuk perendaman
-Pisau
-Botol semprot bekas

Cara Pembuatan :

•Pertama adalah kupas jeruk dan pisahkan kulitnya menggunakan dua toples untuk perendaman.
•Langkah kedua adalah hancurkan batang kayu manis dan masukkan satu kedalam untuk setiap bagian.
•Langkah selanjutnya yaitu iris bagian tengah biji vanili, lalu potong setengah dan tambahkan pada setiap bagian.
•Langkah berikutnya adalah tuangkan cuka putih kedalam rendaman. Cuka putih ini berfungsi sebagai disinfektan alami, bahkan berfungsi sebagai anti bakteri yang dapat membunuh jamur dan juga dapat mengusir hama kecil lainnya seperti semut.
•Langkah terakhir adalah perhatikan dan jangan menggunakan cuka selain cuka putih, misalnya cuka apel. Karena cuka apel bisa menarik lalat.

Untuk cara menggunakannya, semprotkan larutan ke kandang, ketempat mengeram, jangan lupa saring terlebih dahulu larutannya sebelum dimasukan kedalam alat penyemprot. Ramuan ini bisa bertahan sekitar satu bulan. Untuk menjaga larutan ini, kocok botol setiap beberapa hari sekali. Jika sudah agak lama, campuran akan berubah bau nya menjadi bau khas kulit jeruk dan harum.

Comments

Popular posts from this blog

Jenis Ayam Aduan Bangkok Terbaik di Dunia

Cara Tepat Melatih Renang Untuk Ayam Aduan Bangkok

Tips Mengetahui Ciri-ciri Ayam Aduan Bantat di Arena Laga