Cara Efektif Mengatasi Persaingan Bertahan Hidup Anak Ayam 

Cara Efektif Mengatasi Persaingan Bertahan Hidup Anak Ayam  - Untuk mengatasi persaingan bertahan hidup anak ayam berkualitas saat baru menetas pastinya akan berusaha agar umurnya panjang dan tidak mati. Hal itu akan muncul di dalam sebuah persaingan antara anak ayam untuk saling bertahan hidup.

Ayam adalah salah satu hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur dan menghasilkan telur dengan jumlah banyak dalam satu periode. Setelah ayam menetas akan muncul naluri bertahan hidup seperti berbebut makanan, kekuasaan kandang, dan lain sebagainya yang kemudian akan menyebabkan akan ada anak ayam yang tereleminasi.

Hal itu akan berakibat buruk pada pertumbuhan anak ayam serta kelangsungan hidup mereka. Bisa saja ayam yang kalah bersaing akan kekurangan makanan / gizi bahkan berakhir dengan kematian. Untuk itu pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tips untuk mengurangi resiko persaingan yang kemungkinan terjadi.

Cara Efektif Mengatasi Persaingan Bertahan Hidup Anak Ayam

1. Pemberian Pakan Dengan Maksimal
Biasanya ayam yang akan bersaing dalam merebutkan makanan karena itu sebagai peternak hendaknya mencukupi kebutuhan pakan ayam secara teratur. Persaingan akan terlihat saat ayam berusia 2–3 minggu setelah menetas, jadi usahakan agar anak ayam tidak mengalami pertumbuhan telat. Faktor utama yang memperlambat pertumbuhan ayam yaitu adanya persaingan yang terjadi di dalam kandang itu sendiri.

2. Pembatasan Kandang
Pembatasan jumlah kandang yaitu memperhitungkan jumlah anak ayam dalam sebuah kandang untuk mengurangi persaingan bertahan hidup anak ayam. Semakin banyak anak ayam dalam sebuah kandang maka akan menyebabkan terjadinya perebutan pakan. Sering kali para botoh menemukan anak ayam yang menetas dalam waktu sama tapi pertumbuhannya tidak sama, ada ayam yang cepat besar dan sehat, lalu ada juga anak ayam yang lambta dan terlihat tidak sehat. Untuk itu langkah paling efektif yang perlu dilakukan adalah menghindari hal demikian dengan cara membatasi volume kandang.

3. Pengelompokan
Tujuan dilakukan pengelompokan dalam satu kandang anak ayam sudah jelas terlihat dari perbedaan pertumbuhan antara satu ayam dengan ayam yang lain. Sebaiknya anak ayam yang mengalami pertumbuhan lambat atau kalah bersaing dipindahkan ke kandang lain.

4. Memisahhkan Anak Ayam yang Berebut Kekuasaan
Pada usia dua hingga tiga bulan biasanya anak ayam jantan akan memperebutkan kekuasaan di dalam kandang. Dalam memperebutkan kekuasaan tak jarang jika anak ayam akan berkelahi satu dengan yang lain. Hal ini akan menyebabkan pertumbuhan anak ayam menjadi terhambat karena akan ada anak ayam yang terluka bahkan mati. Sebaiknya jika sudah terlihat anak ayam yang mulai berkelahi segera pisahkan saja.

Comments

Popular posts from this blog

Jenis Ayam Aduan Bangkok Terbaik di Dunia

Cara Tepat Melatih Renang Untuk Ayam Aduan Bangkok

Tips Mengetahui Ciri-ciri Ayam Aduan Bantat di Arena Laga