Segudang Manfaat Daun Sirih Untuk Ayam Aduan

Segudang Manfaat Daun Sirih Untuk Ayam Aduan

Segudang Manfaat Daun Sirih Untuk Ayam Aduan - Banyak yang belum mengetahui manfaat pemberian daun sirih bagi ayam bangkok aduan yang merupakan tanaman herbal dengan banyak sekali khasiat di dalamnya. Untuk ayam bangkok yang menggunakan obat-obatan/jamu herbal bisa dibilang lebih aman jika dibandingkan dengan obat kimia yang tentunya mempunyai efek samping yang tidak baik. Perlu diketahui jika daun sirih memiliki segudang manfaat sesuai dengan kebutuhan para botoh sekalian.

Segudang Manfaat Daun Sirih Untuk Ayam Aduan

1. Obat Antibiotik

Daun sirih dapat digunakan sebagai antiseptik dan antibiotik untuk membunuh kuman serta menjaga kesehatan ayam aduan. Seperti ayam yang selesai diadu yang memiliki banyak luka maka anda bisa menggunakan daun sirih untuk membersihkan luka ayam. Daun sirih juga bisa digunakan sebagai pengganti betadine yang bersifat lebih alami.

2. Jamu

Daun sirih bisa dijadikan sebagai jamu herbal dengan cara diberikan secara langsung sebagai pakan / minum ayam bangkok. Tambahkan juga bahan bahan alami lainnya seperti kunyit dan gula merah. Dengan pemberian jamu ini akan membuat ayam menjadi kebal terhadap serangan penyakit.

3. Obat Ngorok

Penyakit ngorok yang menyerang ayam akan sangat membahayakan. Ayam yang terkena ngorok terlihat tidak bergairah dan sulit bernafas. Cara mengobati penyakit ngorok yaitu lolohkan daun sirih kemudian berikan air rebusan tersebut pada ayam aduan sebagai air minum sang ayam.

4. Melancarkan Pencernaan

Daun sirih berguna untuk melancarkan sistem pencernaan ayam aduan dan mampu mengobati berbagai macam penyakit pada ayam seperti cacingan, berak kapur, dan berak darah.

5. Mencegah Penyakit Kurap

Penyakit kurap adalah penyakit yang menyerang bagian kulit ayam. Cara mencegah penularan penyakit kurap bisa dilakukan dengan memandikan air rebusan daun sirih sebanyak satu minggu sekali yang berguna untuk mencegah perkembangan kuman pada ayam aduan.

6. Menghilangkan Lemak Bulu Ayam

Lemak pada bulu ayam sangat mempengaruhi pertumbuhan otot ayam aduan. Para botoh banyak menggunakan rebusan air daun sirih untuk menghilangkan lemak pada bulu ayam kesayangan.

7. Memperpanjang Nafas Ayam

Memperpanjang nafas ayam aduan dan menjaga stamina ayam bisa dilakukan dengan memberikan daun sirih sebagai pakan atau juga bisa dengan memandikannya dengan air sirih.

8. Obat Steril Kandang

Daun sirih juga bisa digunakan sebagai pestisida / obat semprot untuk kandang ayam. Dengan cara ini akan membasmi kuman kuman dan kutu pada kandang terlebih lagi jika ayam selesai mengerami telurnya.

9. Menghilangkan Bau Kotoran

Daun sirih merupakan tumbuhan herbal yang sangat mujarab untuk menghilangkan bau pada ayam aduan.

Tanaman herbal memang baik digunakan jika dibandingkan dengan bahan bahan kimia. Selain mudah didapat dan harga yang murah, menggunakan bahan herbal juga tidak memiliki efek samping.

Comments

Popular posts from this blog

Jenis Ayam Aduan Bangkok Terbaik di Dunia

Cara Tepat Melatih Renang Untuk Ayam Aduan Bangkok

Tips Mengetahui Ciri-ciri Ayam Aduan Bantat di Arena Laga