Maggot Sebagai Pakan Ayam Aduan Tinggi Protein

Maggot Sebagai Pakan Ayam Aduan Tinggi Protein

Maggot Sebagai Pakan Ayam Aduan Tinggi Protein - Maggot yaitu jenis belatung yang memiliki kandungan protein sangat tinggi. Namun sayangnya para botoh tidak mengetahui bahwa maggot sangat baik untuk pakan ternak ayam aduan.

Di negara Indonesia harga maggot masih terbilang mahal yaitu sekitar Rp50.000-75.000 per kilogramnya. Namun harga itu juga sebanding dengan kandungan protein yang sangat tinggi untuk ayam aduan kesayangan anda.

Maggot dihasilkan dari kotoran ayam aduan melalui biokoversi. Budidaya maggot juga sudah banyak dilakukan oleh beberapa penggemar ayam aduan dari komunitas PAPAJI di Sumatera Selatan. Maggot memiliki kandungan protein sebanyak 76%, karbohidrat 45%, asam amino 17% dan lemak 1.5%. Kandungan protein dan karbohidrat yang tinggi tentunya sangat menguntungkan bagi ayam aduan.

Maggot Sebagai Pakan Ayam Aduan Tinggi Protein

Seperti yang diketahui bahwa maggot memiliki kandungan protein yang sangat tinggi sehingga memberikan efek yang sangat baik untuk ayam aduan kesayangan. Protein menghasilkan sumber tenaga dari karbohidrat yang sudah terkuras pada tubuh ayam bangkok. Tubuh ayam aduan lebih mudah menyerap protein untuk menghasilkan tenaga tambahan saat ayam sedang diadu.

Kandungan protein di dalam maggot juga berguna sebagai antibiotik bagi tubuh ayam aduan sehingga bisa membunuh bakteri jahat yang dapat merugikan tubuh ayam.

Tak hanya kandungan protein dan karbohidrat yang memberikan sumber tenaga saja, tapi juga dapat membantu proses pembentukan otot dengan cepat. Maggot juga membuat otot lebih padat dan keras sehingga membuat ayam memiliki pukulan keras yang mematikan.

Kandungan enzim lumbrokinase pada maggot dapat membantu meruntuhkan dan menghancurkan lemak jahat dalam tubuh ayam yang menyumbat sistem sirkulasi darah yang dapat membuat ayam aduan memiliki peredaran darah yang lebih lancar.

Comments

Popular posts from this blog

Jenis Ayam Aduan Bangkok Terbaik di Dunia

Cara Tepat Melatih Renang Untuk Ayam Aduan Bangkok

Tips Mengetahui Ciri-ciri Ayam Aduan Bantat di Arena Laga